Wednesday, 13 May 2015

Read : Dracula by Bram Stoker

"Selama berabad-abad ia memerintah gerombolan serigala, tikus, dan makhluk-makhluk kegelapan yang tak bisa mati. Ia bisa berubah menjadi kelelawar, bayangan, ataupun sinar bulan. Ia merusak orang-orang yang tak bernoda dan menghancurkan mereka yang tak berdaya. Ia datang dalam mimpi dan menyiksa jiwa. Kini ia berniat menguasai dunia dan mengisap darah penghuninya... selamanya."

IDENTITAS BUKU :
  
Judul : Dracula
Penulis : Bram Stoker
Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah : Ny. Suwarni A.S
Tebal : 528 halaman
ISBN : 979-22-2866-7
Beli di : Toko Buku 'Unknow"




My Review :
Diawali  seorang penasihat hukum bernama Jonathan Harker yang melakukan perjalanan kerja ke Transylvania guna membantu Count Dracula mengurus surat-surat pembelian rumah di London- Inggris
Jonathan tidak sadar, bahwa yang akan dibantunya adalah seorang makhluk mengerikan yang akan menghancurkan dunia.

Setelah tiba dan tinggal di puri Count Dracula, Jonathan mulai merasakan ketidakberesan yang terjadi di puri ini beserta juga dengan Count Dracula yang selalu bertingkah aneh. Pada akhirnya Jonathan menemukan kebenarannya, ternyata Dracula adalah makhluk aneh penghisap darah yang berniat menguasai dunia.  

Setelah berhasil lolos dan mengalami sakit yang berkepanjangan, jiwanya terguncang dan menderita demam otak hingga harus dirawat di Budapest selama berminggu-minggu. Count Dracula pun berhasil mendarat di London menggunakan peti-peti dengan menumpang sebuah kapal Rusia.

Korban pertama yang dipilih oleh Count Dracula di Inggris adalah, Lucy Westenra yang saat itu sedang diperebutkan oleh berapa pria sekaligus yaitu Quincey Morris, Dr. Seward, dan Lord Goldaming. Walaupun pada  akhirnya Lucy memilih Lord Goldaming sebagai calon suaminya, kebahagiaannya tiba-tiba terengut ketika kesehatan Lucy menurun drastis.
Lucy selalu tampak lemas dan kekurangan darah. Di lehernya tampak dua luka seperti bekas gigitan binatang. Awalnya Dr. Seward yang merawatnya tak bisa menyembuhkannya, kondisi Lucy yang semakin memburuk hingga akhirnya Dr Seward mengundang rekannya Prof Van Helsing untuk memeriksa Lucy. Dari diganosa Van Helsing inilah akhirnya diketahui apa penyebab sakitnya Lucy.

Nyawa Lucy tak terselamatkan dan berubah menjadi vampir. Dengan sangat terpaksa jasad Lucy harus dipenggal kepalanya dan ditusuk jantungnya dengan pasak kayu oleh orang-orang yang mengasihinya. Setelah kematian Lucy, Van Helsing beserta Dr. Seward, Quincy Moris, Lord Goldaming, dan pasangan Jonathan dan Mina Harker memburu keberadaan Dracula di Inggris, mereka menyatroni rumah-rumah yang dibeli Count Dracula untuk menyucikan peti-peti yang merupakan tempat peristirahatannya di Inggris hingga memburunya ke Puri Dracula di Translyvania.

---

Holaa^^ sedikit cerita dari saya
Buku ini benar-benar buku paling unik yang pernah saya baca,  gaya penulisan Bram Stoker benar-benar jenius. Stoker menggunakan sudut pandang 'Buku Harian' setiap tokohnya untuk membentuk jalan cerita yang benar-benar dapat kita pahami.

Jalan ceritanya juga tidak perlu membuat saya untuk bolak-balik membuka halaman yang sebelumnya(karena ada beberapa novel klasik yang membuat saya harus bolak-balik membuka halaman sebelumnya,karena gaya penulisan yang cukup rumit).
Dan anehnya entah kenapa, setiap sedang atau dalam 'masa' penyelesaian membaca buku ini. Pasti selalu tercium wewangian yang aneh.Hehehehe

Awalnya saya tidak tahu soal buku ini, dulu pada saat saya pergi ke sebuah toko buku 'jadi-jadian' yang letaknya ada di Deli Plaza Medan (sekarang sedang dalam tahap pembangunan Podomoro city) saat saya sudah selesai membayar di kasir. Saya melihat buku ini di pajang di depan rak di dekat pintu masuk. Dan sejak saat itu, saya langsung jatuh cinta akan keklasikan cover buku ini. Setelah saya dekati, ternyata saya baru tahu buku ini berjudul 'Dracula'.

Memang saat itu saya tidak langsung membelinya (maklum dulu masih sekolah, jadi uang yang dibawa juga pas-pasan untuk membeli buku yang ditargetkan hehehe).
Jadi saya berjanji pada diri saya untuk kembali lagi, Segera! Karena buku itu hanya satu-satunya yang terpampang di sana.
Beberapa hari kemudian saya pun berhasil membawa buku ini pulang, dan langsung membacanya. Dan saya pun langsung menyukainya. Apalagi dengan kualitas kertas yang sangat bagus dan unik. Pada setiap sudut halaman luar buku ini membentuk garis merah, yang bila buku ini ditutup maka akan membentuk seperti buku yang benar-benar tua. Menakjubkan sekali !

Dan setelah saya selesai membaca novel ini, saya mempunyai banyak perihal di pikiran saya :

1. Gaya penulisan Stoker benar-benar jenius dan sangat tidak terpikirkan! menggunakan Buku harian setiap tokoh untuk menginterpretasikan cerita ini.

2. Bram Stoker adalah seorang legenda yang menciptakan legenda nya sendiri yaitu 'Dracula'. Yang akhirnya tetap menjadi misteri di hati setiap pembaca ataupun yang belum pernah membaca buku nya. 

3. Stoker mengilhami sang 'dracula' itu sendiri dari seorang Vlad the Impaler atau biasa di sebut Vlad Dracul. Saya yakin Vlad Dracul sendiri sangat berterima kasih , karena namanya menjadi yang paling utama di cari di search engine setelah si pembaca selesai membaca buku ini.

4. Setelah saya membaca buku ini, saya beri bintang 5 ^^



Dracula Quotes :

  •  There are darknesses in life and there are lights, and you are one of the lights, the light of all lights.”― Bram Stoker, Dracula.
  •  “Once again...welcome to my house. Come freely. Go safely; and leave something of the happiness you bring.” ― Bram Stoker, Dracula.
  • “Remember my friend, that knowledge is stronger than memory, and we should not trust the weaker” ― Bram Stoker, Dracula.
  •  “No man knows till he has suffered from the night how sweet and dear to his heart and eye the morning can be.” ― Bram Stoker, Dracula.
  •  “How blessed are some people, whose lives have no fears, no dreads; to whom sleep is a blessing that comes nightly, and brings nothing but sweet dreams.” ― Bram Stoker, Dracula.
  • “No man knows till he experiences it, what it is like to feel his own life-blood drawn away into the woman he loves.”  ― Bram Stoker, Dracula.
  • “No one but a woman can help a man when he is in trouble of the heart.” ―  Bram Stoker, Dracula.