Tuesday, 16 June 2015

Tips Untuk Mulai Menulis Buku HARIAN / DIARY


Banyak orang yang mengeluhkan , "bagaimana sih caranya memulai menulis buku harian?"
Hmm, kalau kamu punya pengalaman menulis buku harian sebelumnya semasa kamu kecil. Pastilah kamu bisa menemukan jawabannya untuk pertanyaan ini. Nah loh kalau yang belum pernah sama sekali bagaimana donk? hehehe..
Nah berikut saya berikan tips-tips mudah nya dalam memulai menulis buku harian :




1. Memilih buku diary yang tepat.
    Memilih buku diary yang tepat?maksudnya?
Buku diary itu sama seperti "pasangan hidup" kita untuk kita berbagi keluh kesah, tempat di mana ia akan selalu menjaga rahasia kita, tempat di mana ia selalu menjadi teman tersetia kita. Tapi sama seperti hal nya memilih "pasangan hidup" tentunya kita ingin pasangan yang indah dan menyenangkan untuk kita pandang setiap hari.
    Nah loh ini kan cuma buku apa hubungannya?
Nah ini dia awal kuncinya, kalau saja kita ingin mulai menulis. Maka kita bisa membeli buku tersebut, carilah yang benar-benar pas di hati kamu. Jangan karena terpaksa atau karena sudah pasrah. Jika kamu sudah mendapatkan buku yang pas dan cocok di hati kamu. Maka percayalah kamu tidak akan bosan-bosan untuk memandangnya dan tidak sabar ingin menuliskan sesuatu di dalamnya. Bahkan kamu akan berjanji pada dirimu sendiri untuk "bercerita" dengan si "mempesona " itu setiap hari.


2. Memilih bolpoin yang tepat.
      Memilih bolpoin yang tepat?kenapa?
iya benar, sama sepertinya hal nya dalam memilih buku yang tepat. Kamu juga harus memilih pen/bolpoin yang cocok untuk kamu. Semisal kamu lebih suka atau terbaisa  memakai pen cair dalam aktivitas kamu sehari-hari. Maka pilihlah pen tersebut untuk mengisi buku diary kamu. Dan juga jangan lupakan warna nya. Biasanya saya memakai dua warna untuk menulis. Hitam untuk menulis dan warna merah untuk menghiasi kalimat yang penting atau membuat gambar "love" hehehe.


3. Memilih waktu yang tepat untuk menulis.
    Memilih waktu yang tepat untuk menulis?kapan baiknya?
Waktu yang tepat adalah, waktu kamu telah selesai melakukan aktivitas mu hari ini alias pada malam hari sebelum kamu akan tidur. Maka mulailah berkosentrasi dan tulislah apa yang terjadi hari ini, dan ingatlah untuk selalu jujur pada dirimu sendiri. Untuk menghasilkan tulisan yang benar-benar real dari hidup kamu.

4. Tulislah tanggal setiap mulai menulis.
    Tulislah tanggal setiap mulai menulis? penting?
Tentu saja itu penting, kamu juga tidak mau kehilangan moment nya di setiap tanggal bukan? Tulislah dengan rentetan waktu alis setiap hari. Dengan kamu membubuhkan tanggal di sudut awal halaman, maka hal itu bisa juga menjadi pengingat semisal " Tanggal 05/ 05/ 2015. Hari ini saya membeli dan mengaktifkan paket internet saya" maka bulan depan akan menjadi pengingat bahwa tanggal ini saya mengisi paket internet saya dan bulan depan di tanggal yang sama , saya harus kembali mengisi paket internet saya. Dan jika membubuhkan tahun penulisan, maka jika saya menulis ini di tahun 2015 maka 6 tahun kemudian, saya membuka halaman yang yang pernah saya tuliskan di tahun 2015 dan mengumam " astaga, ternyata saya pernah muda" hehehe

5. Tetap konsisten menulis dan jujurlah pada diri sendiri.
      Tetap konsisten menulis dan jujurlah pada diri sendiri? harus?
Tenang sajalah, buku diary mu tidak akan mengumbar kepada siapapun tentang siapa dirimu. (kalau memungkinkan pilihlah buku bergembok dan sembunyikan di tempat yang aman) Dia adalah sahabatmu yang paling setia, maka jujur saja kepadanya. Jangan malu menceritakan hal yang paling memalukan sekalipun di dalam hidupmu, maka dengan imbalan tersebut.Rajinlah bercerita dengannya dan tetap konsisten untuk menceritakan seluruh kisah hidupmu padanya. Karena jika dalam sehari kamu lupa menemuinya, maka hal itu akan terus berlanjut di kemudian hari . Dan alhasil kamu sudah kehilangan moment penting mu untuk di dokumentasikan dan pada akhirnya hanya menjadi rekapan di hari berikutnya, dan membuatnya menjadi tidak akurat. Maka itu "konsisten' adalah kunci utama dalam sebuah kelanjutan.
Dan tetaplah menulis  apa adanya, karena tidak akan ada yang membaca tulisanmu ( ini bukan tugas/makalah/esay) kamu bebas mengespresikan dirimu di sini. Jadilah dirimu sendiri dan jujurlah pada sang Diary.

Poin terpenting di sini adalah tidak ada yang namanya "pelatihan" dalam menulis sebuah buku diary, karena tidak akan ada yang menilai isi di dalamnya. Jadi tidak perlu ragu dalam memulai sebuah tulisan :) Yuk mari menulis ^^