Monday, 11 May 2015

Menulis Buku Harian / Diary

Hello There..

Apakah kamu pernah menulis buku harian? Bagaimana rasanya? apakah cukup menyenangkan?
Bila mungkin kamu dulu pernah menulisnya semasa kamu kecil, mungkin ketika masih duduk di bangku SD atau SMP  dan pasti bila kamu menemukan buku tersebut dan kamu membacanya sekarang, pasti kamu akan tersenyum sendiri hihihi.. Walaupun tanggal di setiap lembarnya masih 'bolong-bolong" alias enggak rutin isinya, tapi tetap saja kamu akan mengingat kejadian yang pernah terjadi pada saat itu.

My diary "Landon"





Yah, buku diary adalah sejenis buku "mantra" atau sejenis buku "deposit ingatan". Di katakan mantra apabila, setelah bertahun-tahun kamu membuka kembali buku diary lama kamu, mereka itu seperti buku "mantra" yang akan membuat sebuah hiburan yang akan membuat kamu tertawa dan akan membuatmu mengintropeksi diri (ternyata dulu aku sekonyol ini hihihi) .
Dan dikatakan buku "deposit ingatan" adalah mereka bisa membantumu mengingat apa yang sudah terjadi sebelum nya, jujur deh pasti kamu sering mengalami lupa kan? nah loh kadang kejadian yang semalam saja sudah tidak ingat, apalagi kejadian yang bertahun lamanya. Nah, dengan buku "deposit ingatan" ini membuat kita akan kembali terkenang hal-hal yang pernah terjadi di masa kita menuangkan pikiran kita ke dalam buku tersebut. Kadang juga saya merasa heran, apa benar saya yang menulis tulisan ini? hahaha.

Dan di zaman yang sudah "dewasa" ini , pastilah kebanyakan orang-orang sudah sangat tidak ada waktu untuk menulis buku harian lagi. Kebanyakan yah selalu memainkan gadgetnya , ataupun sudah sangat capek untuk memegang bolpoin lagi setelah sudah capek seharian di kantor memegangi bolpoin seharian.
Sebenarnya jika kamu ingin menghilangkan penat kamu, dan percayalah tidak ada orang di sekitar kamu yang akan menjaga rahasiamu 100 persen. Nah bila kamu juga ingin curhat tetapi tidak mengharapkan ada yang mengomentari nya dan berharap rahasia itu tetap utuh. Itu dia , buku harian sudah menjadi solusi utama kamu.(asal kamu menyimpannya di tempat yang benar yah, dan jauh dari jangkauan orang lain untuk bisa menemukan buku mu). 
Buku harian akan menjadi dokumentasi hidup kita. Mungkin zaman terdahulu, memang tidak secanggih sekarang yang bisa mendokumentasikan apapun yang kita mau. Baik dari video, gambar, ataupun voice record. Tapi pada zaman terdahulu semua hal yang canggih belum ada, maka untuk generasi nya kelak mereka pun selalu berusaha  menuangkan gambaran cerita kehidupan mereka baik dalam bentuk tulisan ataupun gambar dan pahatan.

Menurut aku, menulis buku harian itu seperti bermeditasi. Kadang aku benar-benar memiliki duniaku sendiri saat menulisnya. Dan itu sangat menyenangkan dan membantu pikiranku agar tetap tenang, dan setiap hari rasanya tidak lengkap bila tidak mengisi buku harian ku itu. Buku harian yang akan menjadi dokumentasi hidup kita.

Apakah menulis sudah menjadi hal yang langka pada era ini? tentu saja, akan segera punah bila kita sendiri tidak berniat untuk melestarikannya kembali. Mari kita mulai dan menuangkan apa yang sudah terjadi hari ini dengan cara yang menyenangkan ^^

Siapa yang bilang menulis buku diary itu susah? yuk di cek disini.