ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal

ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal


Seperti yang kita ketahui , Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat rentan mengalami kerusakan. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap sepele hal tersebut. Dimana gaya hidup yang tidak sehat yang dapat memicu masalah dan datang nya penyakit berbahaya loh ! 

Nah berikut beberapa kebiasaan yang tidak sehat yang dapat membahayakan kesehatan ginjal kita

  1. Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Tinggi Garam

Terdapat istilah, "Makanan terasa hambar tanpa garam". Ya betul, mungkin makanan yang mengandung rendah garam atau tidak ada kandungan garam sama sekali akan terasa hambar jika kita konsumsi. Apalagi bagi para penggemar makanan kemasan dan instant seperti keripik biskuit dan lain-lain. Sayangnya, kita tidak menyadarinya karena rasanya belum tentu asin.
Tak hanya bisa meningkatkan tekanan darah. Makanan tinggi garam juga bisa membebani ginjal dan akhirnya menurunkan fungsinya secara bertahap Bahkan bagi yang hobi mengonsumsi makanan tinggi garam bisa memicu peningkatan risiko terkena batu ginjal . Demi menjaga kondisi tubuh, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan garam maksimal 2.300 mg saja setiap hari.
  1. Tidak Memeriksa Tekanan Darah Secara Teratur

Tekanan darah sangat memiliki pengaruh besar bagi kondisi ginjal kita secara keseluruhan tentunya. Jika kita mengalami masalah dengan tekanan darah tinggi yang tak terkendali, maka hal ini tentu saja bisa memicu kerusakan pada pembuluh darah yang ada pada ginjal dan akhirnya merusak organ ini. Masalahnya adalah banyak orang yang bahkan tidak menyadari dirinya mengalami masalah tekanan darah tinggi karena tidak pernah memeriksakannya.
Pastikan untuk rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah setidaknya setahun dua kali demi mengetahui kondisi tekanan darah dalam tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga keseimbangannya.
  1. Merokok

Kita tentunya sudah tahu dampak dari merokok dapat memberikan dampak kesehatan yang sangat besar bagi hampir semua bagian dan organ tubuh. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam memicu peningkatan tekanan darah dan merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. Sebuah penelitian membuktikan bahwa hobi merokok hingga 16 tahun lamanya bisa meningkatkan risiko kanker ginjal hingga 40 persen!
  1. Kurang Minum Air Putih

Tubuh kita sangat membutuhkan asupan cairan. Jika kekurangan minum juga bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Hal ini dikarenakan ginjal yang harus bekerja dengan keras untuk menyaring darah yang jauh lebih kental akibat tidak seimbangnya cairan tubuh. Hal inilah yang kemudian akhirnya menurunkan fungsinya
  1. Minum Obat Tidak Sesuai Dosis

Sembarangan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa memperhatikan dosis atau saran dokter bisa memicu kerusakan ginjal. Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga bisa menyebabkan hal yang sama. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja dengan keras demi mengolah obat-obatan ini sehingga akhirnya rentan mengalami kerusakan.
  1. Kurang Istirahat

Kurang tidur akan membuat ginjal menjadi lebih tegang dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akhirnya bisa berimbas pada kerusakan organ ini dengan signifikan.
  1. Kebiasaan Mengonsumi Akohol

Tak hanya bisa menyebabkan kerusakan atau penyakit pada hati, hobi mengonsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis hingga dua kali lipat!
Judul : ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal
link : ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal




ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal

Sekianlah artikel ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "ini dia 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal"

Post a comment