10 Tips Memilih Kegiatan EKSTRAKURIKULER

10 Tips Memilih Kegiatan EKSTRAKURIKULER

Back to school, saatnya back to gaul. Banyak Eskul, siap nantangin kita buat tampil prima. Tapi awas, salah  pilih ekskul, bisa bikin bete. Bukan prestasi teraij, hati malah gundah. So, kenali dulu dirimu, baru pilih ekskul yang tepat. Pilih ekstra kurikuler nggak semudah berhitung dengan angka-angka. Karena hobi dan minatmu, bisa tersalurkan disini. Bukan sekedar ngumpulin nilai, ekskul juga bisa bikin kita jadi remaja unggul loh. Agar nggak nyesel belakangan, lebih baik kamu pelajari dulu triknya. Ada 10 langkah mudah, buat kita memilih eskul yang tepat. So,buat apa bimbang dan ragu lagi, tentukan pilihan sejak dini dengan trik ini :

1. Niat
Pastikan kamu punya niat duluan dalam eskul ini. Misalnya:  Musik. Jika kamu nggak suka musik atau dengerin lagu-lagu, jangan coba-coba memilih ekskul musik. Pasti kamu akan repot, menghafalkan not-not, lalu memainkannya, karena dirimu sendiri sudah nggak punya niat.

2.Hobi
Lebih mudah, bila kamu hobi dalam satu bidang. Jika kamu suka main basket, suka tanding di rumah sama adik-adik kamu atau di sekolah main dengan teman-teman, pas banget tuh kalau eskul basket jadi pilihan. Selain nambah nilai, hobi pun tersalurkan.

3. Batu Lompatan
 
Jika kamu punya cita-cita, boleh loh ekskul ini jadi batu loncatan buat raih obsesimu. Misalnya kita ingin jadi penulis kondang. Kita ikut saja ekskul jurnalistik atau mading di sekolah. Selain mengasah keterampilan kita menulis, juga menambah wawasan juga loh.

4. Ilmu
Jelas, ilmu pasti bakal kamu dapat. Basket pun, kamu akan dapat pengalaman berharga. Bagaimana menjalin kerjasama dalam tim, menyusun strategi penyerangan, serta melatih kesigapan kita. Kompak kan.

5. Situasi dan Kondisi
Jika pilih ekskul, lihat sikonnya juga. Jika kamu enggak punya dana lebih, harus berhemat, kamu jangan ikut eksul yang butuh banyak biaya. Jika mau hemat, kita wajib pandai-pandai mengatur keuangan.

6. Teman Dekat
Lihat juga, siapa yang ikutan ekskul. Jangan karena teman dekatmu pilih ekskul A, kamu ikut-ikutan. Pilih sesuai kata hatimu, serta bakatmu. Teman kan bisa dicari. Bahkan, ada untungnya lho, jika kamu nambah teman dari ekskul yang kamu ikutin.

7. Latihan
Perhatiin waktu latihannya, menyulitkan kita atau tidak. Asal jangan memilih ekskul karena kamu suka waktu enaknya saja loh, ntar nyesel di kemudian hari.

8. Absen
Jika sudah pilih ekskul, jangan keseringan absen. Semakin lama kamu sering nggak datang, kamu akan jadi malas ikutan. Rasanya sudah ketinggalan jauh. Rugi lho.

9. Positive Thinking
Hari-hari pertama, mungkin masih kikuk dan nggak menyenangkan. Lebih baik, positive thinking dulu ya, yakin deh kalau besok ada manfaatnya buat kamu. Jangan mengeluh duluan, sebelum kita ngerasain hasilnya.

10. Be Yourself
Jadi diri sendiri memang kunci utama. Jangan pernah menyesali apa yang sudah kita miliki, namun juga nggak perlu takabur. Bila kita jago basket, ikit ekskul basket, nggak berarti kita pasti jadi nomer satu. Berbesar hati deh, buat menerima kelebihan dan kekurangan teman-teman kita. Itu lebih melegakan. 

Jadi? Nggak ada alasan kan buat mengeluh, karena kita salah pilih ekskul?
Judul : 10 Tips Memilih Kegiatan EKSTRAKURIKULER
link : 10 Tips Memilih Kegiatan EKSTRAKURIKULER




10 Tips Memilih Kegiatan EKSTRAKURIKULER

Sekianlah artikel 10 Tips Memilih Kegiatan EKSTRAKURIKULER kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.