Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

Perangkat teknologi terus berkembang dan semakin canggih seiring berjalannya zaman. Pada zaman sekarang ini kamu tentu sangat menikmati peran-peran teknologi yang kian memukau. Tapi, pernahkan kamu ingat bagaimana perangkat-perangkat teknologi terdahulu yang sempat membantu kehidupan masyarakat dunia pada zamannya. Perkembangan teknologi di era yang serba modren ini dapat dikatakan terjadi setiap tahunnya bahkan setiap bulannya. Perkembangan tersebut akhirnya memunculkan teknologi baru dan mengganti teknologi lama. Ternyata bukan hanya teknologi baru, tapi faktanya masih ada teknologi jadul yang masih digunakan. Berikut beberapa teknologi jadul yang masih digunakan hingga sekarang :

1. Camcorder
Teknologi perekaman gambar bergerak atau video tentunya sudah tersedia di dalam perangkat  smartphonekamu. Demikian juga dengan kamera pocket atau saku. Tidak heran jika keberadaan camcorder sudah mulai kekurangan minat. Semua orang bisa melakukan perekaman video melalui smartphone namun untuk urusan kualitas gambar, belum ada yang bisa mengalahkan video hasil perekaman camcorder. Ditambah dengan kapasitas penyimpananya yang cukup besar. Tidak heran jika masih banyak orang yang mengandalkan camcorder untuk mengabadikan momen dalam bentuk video.

2. Perangkat GPS
GPS receiver ini merupakan perangkat tambahan untuk mem­berikan fitur GPS pada device atau gadget kamu dengan micro USB port. Dengan alat satu ini, gadget kamu yang belum dileng­kapi GPS akan bisa mengakses fitur GPS agar bisa membuat gadget kamu untuk melakukan pencarian lokasi.
Micro USB GPS dongle mem­punyai tingkat sensitifitas yang tinggi dalam pendeteksian lokasi, akurat dan cepat.

3. Viny atau Piringan Hitam
Jauh sebelum era CD dan Kaset tape (pita), perhatian pe­nikmat mu­sik terpusat pada vinyl atau piri­ngan hitam. Piringan hitam ada­lah teknologi mutakhir pe­nyim­pan suara yang telah ada sejak kurang lebih seratus tahun lalu di Eropa.
Diawali dengan berdirinya Ira­ma Records di Jakarta pada tahun 1954, piringan hitam (vinyl) telah digandrungi di Indonesia sebagai sarana menikmati lagu, hingga era 1960-1970-an.
Kalau Anda menyimpan vinyl di rumah, Anda akan senang me­nge­tahui bahwa teknologi pe­nyim­pan suara yang telah di­ang­gap legenda ini kembali diburu be­berapa tahun belakangan.

4. Mesin Tik
Sebelum laptop atau komputer membantu aktivitas menulis ber­sama microsoftnya, mesin tik atau mesin ketik telah lebih dulu ber­jasa pada aktivitas literatur manusia.
Piranti atau teknologi penyu­sun huruf, angka, dan simbol-sim­bol pada kertas ini telah ada sejak 1868. Tak ubahnya di Eropa, tek­nologi pelopor QWERTY ini juga digandrungi kalangan pe­kerja maupun mahasiswa di Indonesia sejak zaman kolonial.
Walau pada era digitalisasi atau komputerisasi seperti saat ini mem­buat mesin tik terping­girkan, na­mun mesin tik tak sepenuhnya pu­nah. Sejumlah instansi pe­me­rin­tahan masih mengerjakan be­berapa tugas-tugas dengan mesin tik.

5. Feature Phone

Meski penggunaan smart­phone sudah menjadi tren, namun pe­mi­nat ponsel fitur ternyata masih cu­kup banyak. Penyebaran smart­pho­ne ternyata hanya ber­ada di kota-kota besar di dunia dan belum bisa memasuki wila­yah peda­laman. Apalagi di Indonesia, yang ja­ringan internetnya belum me­ma­suki pedesaan. Tidak heran jika pon­sel dengan fitur dasar ini masih di­minati di wilayah pelosok, juga menjadi andalan orang-orang tua yang tidak ingin ribet dengan inter­net maupun keyboard virtual.

6. Video Cassette Recor­der (VCR)
Perangkat video cassette recor­der (VCR) pernah menga­lami kejayaan di era 1980-an dan 1990-an. Perangkat ini biasa dipakai peng­guna untuk merekam siaran te­levisi favorit karena tidak me­miliki waktu untuk menonton­nya.
Umur VCR sendiri termasuk pan­jang. Lahir pertama kali oleh Am­pex pada 1956, VCR akhirnya me­nyerah pada 2016 setelah pro­dusen terakhirnya, Funai, menya­takan berhenti mempro­duksinya ka­rena kesulitan men­cari suku cadangnya.

7.Telepon Engkol 
Pernahkah kamu meng­gu­nakan telepon engkol? Telepon yang cara pakainya dengan me­mutar alat pada telepon untuk me­nyambung angka. Telepon di zaman dahulu masih menggunakan kabel de­ngan tom­bol nomor berbentuk bun­dar (rotary dial). Seiring berja­lannya wak­­tu, bentuk dan fungsi telepon me­ngalami perubahan yang sig­nifikan. Penemuan telepon meru­pa­kan sa­lah satu titik perubahan pola komunikasi umat manusia.



Judul : Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang
link : Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang




Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

Sekianlah artikel Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tinggal Kenangan? ini dia 7 Perangkat Teknologi Kuno yang Masih Digunakan Hingga Sekarang"

Post a Comment