Efek Positif Berhenti Merokok Bagi Kehidupan & Kesehatan

Efek Positif Berhenti Merokok Bagi Kehidupan & Kesehatan




Kamu yang seorang perokok aktif maupun pasif, tentu saja tidak lagi asing dengan Kampanye kesehatan tentang dampak buruk dari merokok, tentunya kita sendiri sudah tahu dampak apa saja yang akan di timbulkan nya, karena Sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, banyak di antaranya beracun dan menyebabkan kanker. Mengisap rokok secara terus-menerus sama saja seperti menumpuk racun pada tubuh yang bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu di masa mendatang. Dan ketika kita sudah memutuskan untuk berhenti merokok , maka inilah dampak postif yang akan dialami oleh tubuh kita:

  • Pernafasan lebih melegakan
Kamu dapat bernapas jauh lebih mudah dan batuk pun akan sangat berkurang jika kamu berhenti merokok, karena kapasitas paru-paru kamu akan meningkat hingga 10% dalam waktu sembilan bulan. Pada usia 20-an dan 30-an, efek merokok pada kapasitas paru-paru mungkin tidak terlihat kecuali kamu mau melakukan olahraga lari. Namun, kapasitas paru-paru pada manusia akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Dan pada usia lanjut, kapasitas paru-paru kamu akan dapat menentukan apakah kamu akan memiliki tubuh yang sehat, atau mengalami sesak napas ketika berjalan-jalan dan menaiki tangga di masa tua.  

  • Kulit terlihat lebih segar dan cerah
Coba kamu perhatikan di sekeliling kamu, pastinya ciri orang yang merokok sangat mudah dikenali,biasanya terlihat dari beberapa ciri fisik di tubuhnya. Seperti bau badan, bibir hitam, kulit kusam, dan nafas tak sedap. Merokok memang bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih kusam. Kulit yang paling terdampak efek merokok, menjadi kehilangan kecerahannya dan membuat kalian terlihat lebih tua dan kusam. Nah kamu tidak mau kan kulit kamu menjadi lebih tua dari usia semestinya? Nah coba deh hentikan kebiasaan merokok kalian. Dengan sendirinya, kulit akan meregenerasi dan kecerahannya akan kembali seperti semula.
  • Meningkatkan Kesuburan dan Meningkatkan kualitas Seks yang lebih baik
Berhenti merokok akan meningkatkan aliran darah pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas. Pria yang berhenti merokok bisa mendapatkan ereksi yang lebih baik, dan wanita dapat meningkatkan rangsangan sehingga orgasme lebih mudah. Selain itu, orang yang tidak merokok juga lebih mudah untuk memiliki anak, karena dengan berhenti merokok, lapisan rahim akan meningkat dan sperma menguat. Selain itu, mereka yang tidak merokok memiliki kemungkinan keguguran lebih rendah.

  • Mengurangi Tingkat Stres
Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa merokok bisa mengatasi stres karena mengandung nikotin di dalammya. Namun sebenarnya yang sedang terjadi adalah kamu mengalami gejala putus obat dari nikotin dan merokok terasa menenangkan. Perlu diketahui bahwa efek ini hanya sementara. Nikotin bukanlah obat untuk meredakan stres. Malah menurut penelitian tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun ketimbang saat mereka masih merokok. Nikotin yang terdapat di rokok dapat meningkatkan stres. Karena stres akibat merokok sama seperti stres lainnya, maka banyak orang yang salah kaprah. Jadi, pernyataan bahwa merokok dapat mengurangi stres adalah salah besar. Bahkan, studi ilmiah menunjukkan tingkat stres pada masyarakat yang berhenti merokok jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang merokok. Jika kamu menyadari bahwa kamu itu rentan terhadap stres, maka gantilah rokok dengan cara yang sehat untuk menangani stres.

  • Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Mematikan 
Risiko terkena kanker paru-paru, stroke, serangan jantung, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker bibir dan kanker lidah akan menurun setelah kamu berhenti merokok. Maka jangan abaikan peringatan yang tertera di bungkus rokok yang kamu beli, karena semuanya baru terasa setelah bertahun-tahun merokok. 
  • Melindungi Orang-orang Yang Kamu Cintai
Kamu tahu kan dampak negatif rokok tidak hanya akan dialami oleh si perokok aktif saja, Menjadi perokok pasif (orang yang menghirup asap rokok orang lain) juga dapat terkena risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Anak-anak juga dapat terkena risiko penyakit dada, termasuk pneumonia, infeksi telinga, asma, dan sesak napas. Mereka juga tiga kali lebih besar untuk terkena risiko kanker paru di kemudian hari dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terkena asap rokok. Itulah kenapa, berhenti merokok tidak hanya akan melindungi kesehatan kamu tapi juga melindungi orang-orang disekelilingmu.
  • Pengeluaran Menjadi Lebih Hemat
Begini logika nya, Rokok kita beli dengan  uang lalu kita bakar begitu saja untuk bisa menikmatinya. Jika dibandingkan dengan manfaat rokok, jelas ini sangat merugikan kamu loh. Selain merugikan kesehatan, rokok membuat kita jadi lebih boros. Nah jika kamu sudah memutuskan untuk berhenti merokok, maka akan ada sisa uang yang bisa bisa kamu tabung.

Yuk Mari Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang tidak mudah, terutama bagi kamu yang sudah bertahun-tahun merokok. Namun jika kamu memiliki tekad kuat, maka tidak ada kata mustahil. Tidak perlu khawatir dengan mitos-mitos yang beredar, seperti berhenti merokok bisa membuat stres, gemuk, dan lain sebagainya. Tetapkan pendirian kamu untuk menjadikan hidup lebih baik lagi.

Judul : Efek Positif Berhenti Merokok Bagi Kehidupan & Kesehatan
link : Efek Positif Berhenti Merokok Bagi Kehidupan & Kesehatan




Efek Positif Berhenti Merokok Bagi Kehidupan & Kesehatan

Sekianlah artikel Efek Positif Berhenti Merokok Bagi Kehidupan & Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kamu semua. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.